Qinghai Lake, altitude race di barat China

 Qinghai Lake, altitude race di barat China Qinghai Lake, altitude race di barat China Qinghai Lake, altitude race di barat China
Rekan-rekan pecinta sepeda mungkin masih ada yang bertanya-tanya letak dari Qinghai Lake, dan apa kelebihannya tempat itu bagi para pecinta sepeda.
Qinghai Lake terletak di Barat China, kurang lebih 4 jam menggunakan pesawat dari Beijing menuju ke provinsi Xinning. Provinsi ini sudah masuk dalam jajaran pegunungan yang ada di Tataran Tibet. Ketinggian Provinsi ini berkisar di 3500-5000 di atas permukaan laut, Para penduduknya masih banyak yang menggunakan pakaian tradisional seperti di Tibet, juga akan kita temui padang rumput yang sangat luas, pegunungan yang di liputi salju dan sesekali kita akan berpapasan dengan suku asli setempat yang hidupnya masih berpindah-pindah.

10 (sepuluh) tahun terakhir nama Qinghai Lake semakin terkenal di dunia, setelah mereka mengadakan lomba balap sepeda Tour de Qinghai Lake yang termasuk dalam calendar resmi UCI dengan category 2HC atau hanya pembalap Professional dan National team yang dapat berpartisipasi di event ini.

Sudah 3 (tiga) kali penulis datang ke tempat ini bersama dengan team untuk mengikuti race di sini, medan yang sangat berat sekali terutama kita harus cepat beradaptasi dengan ketinggian 3500-5000m di atas permukaan laut, oksigen yang kita hirup sangat tipis sekali, sebagai perbandingan puncak Gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di Indonesia berkisar di 3200m dpl, di Qinghai lake ini kita berada di dataran minimal 3500m dpl!!

Bagi para pecinta sepeda yang menyukai traveling serta mempunyai bekal yang cukup dan ingin merasakan nuansa bersepeda di daerah altitude, inilah tempat yang cocok, kita dapat merasakan atmosfir bersepeda yang sangat berbeda, seperti di "dunia lain" rasanya!!

Tutas Turisna